Pemuda Ring 1 Ramaikan Musim KSD

Jul 22, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan, CSR | 0 comments

MAROS – Secara berkala, manajemen PT Semen Bosowa Maros melalui HR Departemen mempekerjakan pemuda di ring 1 pabrik Bosowa, yang bermukim di dua desa, desa Baruga dan Tukamasea kecamatan Bantimurung. Jenis pekerjaan mereka melalui seleksi dan kontrak tertentu. Dalam kurun waktu dua pekan atau lebih. Jenis pekerjaan ini disebut dengan KSD (Kiln Shut Down).

HR Departemen Head Bosowa Semen, Firmansyah Mustafa mengatakan KSD terbagi dua jenis golongan, skill dan non skill. Untuk tipe skill telah diisi tenaga kerja yang memang ahli di bidangnya seperti las, scaffolding, dan sebagainya. Sedangkan non skill diperuntukkan tenaga pembantu yang bertugas untuk pekerja skill.

Pekerja dibekali perlengkapan safety, seperti sepatu safety dan helm untuk melindungi mereka selama bekerja

Untuk tenaga non skill mayoritas dihuni pemuda pemuda ring 1 yang belum memiliki pekerjaan tetap. Mereka antusias bekerja di pabrik semen swasta satu satunya di Indonesia tersebut, meski hanya dalam masa kontrak tertentu.

Firmansyah menambahkan jika KSD kadang menjadi ‘job fair’ bagi mereka. Sebab selain ditunggu tunggu, penghasilan yang diraup dari KSD termasuk tinggi untuk pemuda tersebut.

Jadwal KSD, menurut Firmansyah tergantung dari kondisi pabrik di line 1 dan 2 Bosowa. Ia pun berharap jika upah KSD Bosowa dapat mengurangi tingkat pengangguran, juga agar pemuda non skill dapat meningkat ke skill dari pengalaman mereka selama ini. (*)

Berita Terakhir

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

MAROS – Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan jika kita mulai membangun usaha, di bidang apapun itu. Namun untuk usaha menjual bahan bangunan, ini beberapa tips yang mesti Anda perhatikan. Lokasi strategis. Lokasi yang strategis disini maksudnya adalah...

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

MAKASSAR – PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) menerima penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu di Makassar. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi Bosowa Semen dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!