6 Hal yang Perlu Diperhatikan di Rumah Saat Musim Hujan

Nov 4, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Musim hujan sudah mulai berlangsung di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini kerap dikhawatirkan banyak pemilik rumah. Pasalnya, ada beberapa hal di rumah yang harus diperhatikan guna menjauhkan dari segala risiko merugikan saat hujan tiba. Dilansir dari Vanguard, Kamis (4/11/2021), berikut enam hal yang perlu diperhatikan di rumah saat musim hujan tiba.

  • Periksa Atap

Kunci untuk memastikan rumah dan keluarga tetap aman serta kering selama musim hujan dimulai dari atap rumah. Pastikan memeriksa atap rumah secara menyeluruh dari retakan atau kebocoran.  Hal ini mudah terlihat, tapi apabila tidak yakin apa yang harus diperhatikan atau merasa itu tidak aman, hubungi profesional bangunan. Jangan lupa tambahkan lapisan antibocor di atap rumah setelah perbaikan.

  • Periksa dinding

Retak pada dinding luar rumah tidak boleh diabaikan. Periksa setiap plester eksterior dan dinding untuk memastikan tidak ada retakan. Ketika air hujan merembes ke dalam celah-celah retakan, hal itu dapat menyebabkan kelembapan dan sering kali merupakan awal dari lebih banyak masalah. 

  • Bersihkan selokan dan talang air

Penting untuk memastikan tidak ada penumpukan sampah di seluruh area selokan dan talang air di rumah.  Jika ada penumpukan sampah dan sebagainya, ini dapat membuat genangan air saat hujan deras dan terus-menerus. Bersihkan dan buang sisa air hujan serta sampah di selokan dan talang air untuk memastikan kelancaran aliran air hujan. Untuk hasil maksimal, pastikan melakukan hal ini setidaknya seminggu sekali selama musim hujan berlangsung. 

  • Jauhkan kelembapan

Untuk merasa ingin tetap hangat dan nyaman, kamu akan menutup jendela terus-menerus selama musim hujan berlangsung. Sayangnya, tindakan tersebut merupakan kesalahan yang dilakukan kebanyakan orang. Sangat disarankan segera membukanya setelah hujan berhenti demi mendapat udara segar dan ventilasi sehingga mengurangi kelembapan. 

  • Pangkas Rumput

Selama musim hujan, ular cenderung menikmati cuaca. Jadi, ambil gunting atau mesin pemotong rumput dan potong rumput yang tumbuh di sekitar rumah. Memangkas rumput bertujuan tidak memberikan tempat persembunyian bagi ular.

  • Perbaiki masalah kelistrikan

Jika melihat ada kabel yang rusak, sebaiknya hubungi teknisi listrik untuk memperbaikinya sesegera mungkin demi mencegah risiko tersengat listrik saat hujan lebat.  Untuk keamanan ekstra, belilah beberapa pelindung lonjakan arus untuk melindungi peralatan elektronik dan gawai yang mungkin terpengaruh apabila petir menyambar secara tidak terduga. (*)

Berita Terakhir

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

MAROS – Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan jika kita mulai membangun usaha, di bidang apapun itu. Namun untuk usaha menjual bahan bangunan, ini beberapa tips yang mesti Anda perhatikan. Lokasi strategis. Lokasi yang strategis disini maksudnya adalah...

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

MAKASSAR – PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) menerima penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu di Makassar. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi Bosowa Semen dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!