8 Tips Mencegah Tembok Rumah tidak Mudah Retak Rambut

Agu 26, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Ada beberapa tips yang bisa membuat tembok dinding anda tidak mudah retak. Di antara dengan memperhatikan beberapa hal. cekidot…!!!
  1. Perhatikan proses acian dinding terutama pada proses plesteran. Jika kualitas plesteran baik, bisa dipastikan acian dinding akan maksimal dan berkualitas. Cara mengetahui kualitas plesteran baik atau tidak adalah dengan memastikannya halus dan rata.
    .
  2. Jangan sampai plesteran tidak rata misalnya sebagian tipis sebagian tebal. Atau bisa juga dilihat dari adonan semen. Pastikan adonan rata sehingga saat pelapisan pun rata. Jangan sampai ada gumpalan semen yang digunakan untuk pelapisan. Jika ada gumpalan, besar risiko dinding akan menghasilkan retakan, lubang, ataupun celah kecil di dindingnya. Dan Jika ini terjadi, risiko dinding rusak dengan cepat sangat tinggi.
    .
  3. Jangan menggunakan pasir plesteran yang mengandung lumpur. Hal ini karena bahan yang mengandung lumpur bisa membuat permukaan dinding menyusut saat kering. Jika menyusut dinding akan membentuk retakan rambut atau retakan kecil. Gunakanlah bahan lain yang tidak membuat dinding menjadi menyusut. Gunakanlah bahan yang jika kering kondisi tetap sama.
    .
  4. Perhatikan waktu melakukan pemlesteran. Jangan melakukan plesteran jika dinding bata masih basah. Jika hal ini dilakukan, air bisa terperangkap dan membuat dinding lembab. Kelembaban ini bisa membuat dinding tidak kokoh dan mudah retak. Untuk itu, pastikan dinding bata sudah kering sehingga dinding tidak mudah rusak. Caranya, sesaat sebelum pemlesteran, cek terlebih dahulu kondisi dinding bata. Jika masih basah atau masih lembab, alangkah baiknya tunggu hingga benar-benar kering. Baru jika sudah kering, anda bisa melakukan pemlesteran.
    .
  5. Perhatikan waktu pengacian. Jangan melakukan pengacian jika plesteran belum kering. Pengacian yang dilakukan saat plester belum kering bisa memperburuk kualitas dinding. Batas waktu yang tepat untuk melakukan pengacian adalah dua sampai tiga minggu untuk dinding dalam. Dan kurang dari dua minggu untuk dinding luar. Sebelum melakukan pengacian, basahi dinding dengan air. Langkah ini dilakukan agar pengacian tidak cepat kering. Ini dilakukan karena semen putih membutuhkan air untuk hidrasi. Jika acian mudah kering maka hasil yang didapat bisa lunak dan berdebu.
    .
  6. Pastikan kelembaban plesteran cukup. Untuk menghasilkan hasil dinding yang baik, lakukan pemolesan sekitar 20-30 menit. Jika dilakukan kurang dari 20 menit, plesteran bisa terlalu kering, sedang jika dilakukan lebih dari 30 menit, plesteran bisa terlalu lembab.
    .
  7. Perhatikan tebal acian. Biasanya, kesalahan yang paling sering dilakukan dan membuat tembok dinding mudah rusak adalah karena tebal dan tipisnya pengacian tidak benar. Ya, Kualitas dinding juga bisa diperhatikan dari tebal tipisnya acian. Tebal acian harusnya antara 1-3 mm.
    Kurang 1 mm dianggap terlalu tipis dan akan cepat mengering. Sedangkan jika lebih dari 3 mm termasuk terlalu tebal dan akan sulit kering. Jika lapisan pertama kurang dari 1 mm, lakukan pelapisan ulang. Namun, lakukan saat lapisan masih basah. Karena jika dilakukan saat sudah kering, kualitas tidak akan maksimal dan justru membuat dinding mudah rusak.
    .
  8. Jangan sampai ada lubang. Anda harus memastikan tidak ada lubang atau celah udara di hasil pelapisan. Celah udara dan lubang inilah yang akan membuat kualitas dinding buruk dan dinding jadi mudah rusak. Saat melakukan pelapisan, pastikan pelapisan anda rata dan halus sehingga risiko adanya lubang atau celah kecil.
    Cara mudah menghindari lubang ini adalah dengan memastikan waktu pelapisan, pengadukan bahan yang rata, serta memperhatikan tebal tipisnya pelapisan. Dengan memperhatikan itu semua, risiko adanya lubang dan celah akan sedikit.
    .
    Agar Tembok rumah anda tetap terlihat Indah perhatikan Tipsnya ya… sebelum bangun rumah.
Tembok Retak Rambut
Tembok Retak Rambut

Berita Terakhir

Distributor Bosowa Semen Kini Bisa Pesan Semen via Online

Distributor Bosowa Semen Kini Bisa Pesan Semen via Online

MAROS – Kabar gembira untuk distributor Bosowa Semen, khususnya area Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Kini manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) akan menerapkan sistem online dalam pengambilan semen di pabrik Bosowa, di desa Baruga kecamatan Bantimurung,...

Klinker Bosowa Ekspor ke Philipina, China dan Bangladesh

Klinker Bosowa Ekspor ke Philipina, China dan Bangladesh

MAROS – Klinker adalah semen setengah jadi yang materialnya berbentuk gumpalan atau benjolan. Dengan ukuran sekitar 3-25 milimeter dengan diameter dan berwarna abu abu gelap. Klinker terbentuk dari hasil campuran komponen mineral batu kapur dan aluminosilikat. Seperti...

Bosowa Semen-KKLR Bangun Huntara untuk Korban Banjir Masamba

Bosowa Semen-KKLR Bangun Huntara untuk Korban Banjir Masamba

MAROS - Manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) bekerjasama dengan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) melalui Luwu Raya Peduli (LPR) membangun hunian sementara (huntara) untuk kurang lebih 1.000 KK korban banjir bandang Masamba, Luwu Utara. Sekretaris Luwu...

id_IDIndonesian

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!