Apakah Warna Mempengaruhi Kekuatan Semen ?

Agu 27, 2020 | Artikel | 0 Komentar

Semen adalah hal terpenting dalam kehidupan kita. Selain untuk merekatkan batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya, semen juga sebagai perekat kehidupan agar melindungi kita dari panas terik dan hujan.

Menurut SNI 2049-2015, adalah semen hidrolis yang dihasilkan dengan cara menggiling terak semen Portland (clinker) terutama yang terdiri atas kalsium silikat yang bersifat hidrolis dan digiling bersama-sama dengan bahan tambahan berupa satu atau lebih bentuk kristal senyawa kalsium sulfat dan boleh ditambah dengan bahan tambahan lain.

Semen secara umum terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Semen Portland
  • Semen Campur (Blended Cement)

Portland Cement yang disingkat PC adalah semen yang dibuat dengan cara menggiling clinker dan gypsum. Semen inilah yang merupakan cikal bakal dari semen campur (blended cement).

Semen campur atau blended cement dibuat dengan cara menggiling bersama-sama clinker, gypsum, dan bahan tambahan atau mencampur antara semen PC dengan bahan tambahan.

Semen ini ada untuk menjawab tantangan akan kepedulian pabrikan semen terhadap lingkungan dan sekaligus menekan biaya produksi.

Walaupun demikian kualitas semen campur ini setara dengan PC. Bahkan dalam beberapa penelitian semen ini mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh PC. Misalnya kalor hidrasi yang rendah, sangat bagus dalam acian, penggunaan air yang lebih rendah dari PC, dan lain-lain.

Suasana pabrik Bosowa Semen di desa Baruga kecamatan Bantimurung, Kab.Maros.

Adapun Hal Yang Mempengaruhi Kualitas Semen

Klinker

Kualitas klinker memegang peranan sangat penting dalam menghasilkan semen yang berkualitas. Untuk menghasilkan kualitas klinker yang baik, melalui proses yang kompleks dan sangat dipengaruhi oleh mutu bahan baku dan batu bara.

Adapun parameter kualitas klinker dapat dilihat dari mineral pontesial daripada klinker ;

C3S    = TriCalsiumSilikat

C2S    =  DiCalsiumSilikat

C3A    = TriCalsiumAluminat

F.CaO = Free Lime

Proses penggilingan klinker menjadi semen :

  • Kehalusan

Kehalusan semen atau yang biasa di kenal dengan Blaine ada parameter untuk tingkat kehalusan

daripada semen, semakin tinggi nilai Blaine maka semen semakin halus (Blaine merupakan

persyaratan utama kualitas semen SNI.15 2049:2004.

  • Besar Butiran

Selain Blaine Besar butiran atau yang dikenal Residu juga merupakan salah satu parameter

Kehalusan semen

Baik Blaine maupun residu merupakan parameter kualitas dan sekaligus merupakan target kualitas yang harus dicapai dalam proses penggilingan klinker menjadi semen. Semakin tinggi kehalusan semen secara teoritis, akan mempengaruhi kualitas semen yang dihasilkan (kuat tekan semen semakin naik dan waktu pengeringan semakin cepat).

Proses Reclaimer di gudang penyimpanan material.

Aditif

Aditif atau material ketiga biasanya ditambahkan dalam proses penggilingan semen, baik semen OPC maupun semen PCC. Hanya saja jumlah material aditif dalam semen OPC lebih sedikit dari semen PCC.

Penambahan aditif ini bertujuan :

Mengikuti Persyaratan SNI Baik OPC maupun PCC

Menekan biaya produksi perton semen

Adanya sifat yang diingikan daripada semen (PCC) yang dibuat yang tidak dimiliki oleh semen (OPC)

Aditif atau material ketiga yang digunakkan :

SCM, (Suplementary Cementitious Material), Material yang memiliki sifat seperti semen antara lain; Flyash, trass,andesit), Limestone atau batu kapur.

Sedangkan warna tidak masuk dalam parameter kualitas semen, atau tidak ada standar yang mengatur terkait warna semen. Sehingga tidak ada acuan bahwa faktor warna dapat mempengaruhi kualitas semen itu sendiri.

(Tech Support Dev Quality)

Berita Terakhir

Distributor Bosowa Semen Kini Bisa Pesan Semen via Online

Distributor Bosowa Semen Kini Bisa Pesan Semen via Online

MAROS – Kabar gembira untuk distributor Bosowa Semen, khususnya area Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Kini manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) akan menerapkan sistem online dalam pengambilan semen di pabrik Bosowa, di desa Baruga kecamatan Bantimurung,...

Klinker Bosowa Ekspor ke Philipina, China dan Bangladesh

Klinker Bosowa Ekspor ke Philipina, China dan Bangladesh

MAROS – Klinker adalah semen setengah jadi yang materialnya berbentuk gumpalan atau benjolan. Dengan ukuran sekitar 3-25 milimeter dengan diameter dan berwarna abu abu gelap. Klinker terbentuk dari hasil campuran komponen mineral batu kapur dan aluminosilikat. Seperti...

Bosowa Semen-KKLR Bangun Huntara untuk Korban Banjir Masamba

Bosowa Semen-KKLR Bangun Huntara untuk Korban Banjir Masamba

MAROS - Manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) bekerjasama dengan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) melalui Luwu Raya Peduli (LPR) membangun hunian sementara (huntara) untuk kurang lebih 1.000 KK korban banjir bandang Masamba, Luwu Utara. Sekretaris Luwu...

id_IDIndonesian

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!