Bosowa Semen Bentuk Tim Aksi Energi Kurangi Emisi CO2

Nov 17, 2020 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Demi mengurangi penggunaan energi listrik secara tepat di lingkup pabrik, manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) membentuk Tim Aksi Energi, Selasa (17/11/2020). Launching tim tersebut digelar di pabrik Bosowa Semen, desa Baruga kecamatan Bantimurung Maros. Tim tersebut dipimpin Head Plant Maros, Baso Gaus.

Baso mengatakan tim ini mewakili segala divisi yang ada di pabrik semen swasta satu satunya di Indonesia tersebut. Mulai dari HR, GA, Maintenance, Produksi, Quarry, Komersil, dan lainnya. Tujuan tim ini dibentuk untuk pemanfaatan energi guna mengidentifikasi peluang penghematan energi untuk meningkatkan efisiensi suatu perusahaan.

“Diharapkan tim ini bermanfaat agar dapat menghemat biaya listrik dan mengurangi penggunaan energi listrik secara tepat,” ujarnya.

Suasana pembentukan Tim Aksi Energi

Ia menambahkan pembentukan Tim Aksi Energi yang bertanggung jawab terhadap konservasi dan efisiensi energi serta pengurangan emisi CO2 di pabrik. Tim ini juga diharapkan dapat mewujudkan koordinasi antar departemen terkait di lingkungan perusahaan untuk identifikasi, mengembangkan dan melaksanakan proyek manajemen energi dengan melakukan strategi penyesuaian dan pengoptimalan energi. Serta meggunakan sistem dan prosedur sehingga mengurangi kebutuhan energi per unit keluaran produksi dalam keadaan konstan.

Oleh karena itu, tambah Baso, pembentukan Tim Aksi Energi merupakan bidang utama yang perlu diperhatikan dan penekanan dalam penyusunan kebijakan-kebijakan energi di perusahaaan. Sasaran utamanya untuk menentukan langkah-langkah mengurangi konsumsi energi per unit keluaran produksi atau memperkecil atau mengoptimalkan biaya operasional. Serta membuat rencana penggunaan energi agar lebih efektif dalam penggunaan energi melalui organisasi. (*)

Berita Terkait :

https://makassar.tribunnews.com/2020/11/17/kurangi-emisi-co2-bosowa-semen-bentuk-tim-aksi-energi

Berita Terakhir

Komisi VII : Kita Harus Dukung Produk Anak Negeri

Komisi VII : Kita Harus Dukung Produk Anak Negeri

MAROS – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, H Eddy Soeparno, SH, MH menekankan jika Pemerintah harus mendukung penuh industri semen dalam negeri. Sebab industri tersebut akan menjadi pendorong perekonomian kedepannya, pasca tingginya angka Covid 19. Hal ini juga didasari...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!