Bosowa Semen Dukung Geopark Maros Pangkep Jadi Warisan Dunia

Oct 22, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan, CSR | 0 comments

MAROS – PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) mendukung penuh kawasan geopark nasional Maros Pangkep menjadi warisan dunia. Namun hal ini terlebih dahulu melalui penilaian UNESCO. Maka dari itu Badan Pengelola Geopark Nasional Maros Pangkep, mengajak Bosowa untuk bersinergi mewujudkan hal tersebut.

Community Development Bosowa Semen, Nur Alang mengatakan rencana ini telah dilakukan beberapa pertemuan. Namun wujud sumbangsih Bosowa Semen demi menyukseskan hal tersebut, yakni berkomitmen memberikan dukungan kepada pengelolaan kawasan yang berkelanjutan oleh Badan Pengelola Geopark Nasional Maros Pangkep.

Wujud dukungan yang berjalan melalui program yang dilakukan oleh departemen Corporate Social and   Responsibility, khususnya pada sektor wisata dan pemberdayaan masyarakat. Prioritas utama adalah keberadaan geosite-geosite yang berbatasan langsung dengan wilayah pertambangan Bosowa dalam kawasan geopark, diantaranya kawasan Leang Leang, Rammang Rammang, dan pulau Panambungan.

geosite Rammang Rammang

Hal senada juga dikatakan Direktur Manufacturing Bosowa Semen, Syamsul Rijal. Ia mengatakan wujud komitmen Bosowa diantaranya pengembangan SDM sanggar seni lokal, perbaikan jalan akses, infrastruktur masjid, toilet, gazebo dan beberapa perahu, serta memberikan bantuan perkreditan rakyat dalam pengembangan UMKM.

Sedangkan sebagai wujud komitmen di kabupaten Pangkajene Kepulauan, Bosowa Corporation juga turut membina masyarakat dan menjaga kelestarian dalam pengelolaan pulau Panambungan. Sebagai destinasi wisata dengan melengkapi alat transportasi speedboat wisata yang merupakan salah satu geosite pulau karang dalam gugusan Spermonde di kawasan geopark Maros Pangkep.

“Kami berharap kerjasama ini akan terus terjalin demi menjaga kelestarian geosite- geosite yang ada di kawasan geopark Maros Pangkep, termasuk dalam rangka bersama sama para pihak dalam menjaga keberadaan lukisan dinding gua yang berada tidak jauh dari batas konsesi pertambangan kawasan PT Semen Bosowa Maros,” ujarnya, Jumat (22/10/2021).

Pertemuan manajemen Bosowa Semen dengan Badan Pengelola Geopark Nasional Maros Pangkep

Direktur Badan Pengelola Geopark Nasional Maros Pengkep, Dedy Irfan Bachri memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada manajemen Bosowa Semen yang menerima dan bersedia bersinergi dengan pengelola geopark Maros Pengkep demi mencapai tujuan bersama. Selain itu juga karena geopark Maros-Pangkep ini mewakili Indonesia, sehingga membutuhkan dukungan dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta. (*)

Berita Terakhir

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

MAROS – Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan jika kita mulai membangun usaha, di bidang apapun itu. Namun untuk usaha menjual bahan bangunan, ini beberapa tips yang mesti Anda perhatikan. Lokasi strategis. Lokasi yang strategis disini maksudnya adalah...

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

MAKASSAR – PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) menerima penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu di Makassar. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi Bosowa Semen dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!