Coba 4 Kreasi Furnitur Daur Ulang Ini Sambut Lebaran

Apr 21, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, sebagian masyarakat Indonesia pasti mempersiapkan rumah agar terlihat baru dan meriah. Cara memberikan nuansa itu pun bermacam-macam, salah satunya mengganti furnitur dengan membeli yang baru.

Sebetulnya, Anda tak perlu membeli furnitur baru untuk mendapatkan tampilan berbeda pada interior rumah saat menyambut Lebaran. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan mendaur ulang furnitur yang saat ini dimiliki.

Selain memberikan tampilan berbeda, mendaur ulang furnitur juga dapat menghemat anggaran. Sehingga, Anda bisa menggunakan anggaran yang awalnya untuk membeli furnitur baru untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

Lantas, bagaimana cara mendaur ulangnya demi menciptakan suasana baru saat Lebaran tiba bersama keluarga?

Berikut tipsnya, dikutip dari KOMPAS.com :

1. Lapisi sofa dengan kain baru

Ketika berkumpul dengan keluarga saat lebaran, sofa menjadi salah satu furnitur paling mencuri perhatian. Pertanyannya, apakah Anda saat ini memiliki sofa berusia tua yang kondisi fisiknya sudah buruk? Tak perlu membeli sofa baru, Anda hanya cukup melapisinya dengan kain baru yang dapat dilepas pasang.

“Sehingga, jika lapisan kain tersebut sudah kotor, Anda bisa mencucinya kembali dan tak perlu menghabiskan banyak uang,” tutur Desainer Interior Max Humphreys.

2. Manfaatkan laci sebagai hiasan dinding

Jika mempunyai laci tak terpakai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai hiasan dinding. Caranya cukup simpel, Anda hanya perlu menggantung laci tersebut dan letakkan beberapa aksesoris di dalamnya seperti kacamata, vas bunga, atau buku. Tak hanya ekonomis, laci yang disulap menjadi hiasan dinding juga dapat menghemat tempat agar barang tak berserakan di meja.

3. Naikkan level lemari dinding

Memiliki lemari dinding yang posisinya berada di ruang tamu tentu akan menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, penting bagi Anda menaikkan level lemari dinding dengan cara mengecat ulang biar tampilannya terlihat baru.

Gunakan cat berwarna cerah pada dinding Anda agar terlihat mencolok. Sebelum dicat, Max menyarankan agar Anda mengamplasnya terlebih dahulu supaya permukaan lemari lebih halus.

4. Gunakan kaca jendela sebagai bingkai foto

Cara lain yang bisa Anda lakukan pada perabotan lama tak terpakai adalah menjadikan kaca jendela menjadi bingkai foto.

Anda hanya butuh mengumpulkan beberapa kumpulan foto. Kemudian, tempelkan foto tersebut pada kaca jendela dan letakkan di dinding rumah. (*)

Berita Terakhir

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

MAROS - Politisi senior DPR RI, Ir H M Ridwan Hisjam mengatakan Bosowa sangat canggih dalam hal mengatasi krisis. Sebab pabrik Bosowa Semen lahir saat masa krisis moneter, sehingga krisis bukan hal yang tak bisa ditangani. Hal tersebut ia kemukakan disela Kunjungan...

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

MAROS – Anggota Komisi VII DPR RI berkunjung ke pabrik PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) di desa Baruga kecamatan Bantimurung, Maros, Kamis (23/9/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI masa sidang 1 tahun 2021-2022. Kunker...

Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

MAROS - Karpet adalah pelapis lantai terbaik, lantaran dapat memberi kenyamanan dan kehangatan pada ruangan. Selain itu, karpet juga mudah dilepas, dibersihkan, serta diganti saat Anda merasa bosan atau ingin mendekorasi ulang ruangan.  Namun, meletakkan karpet pada...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!