Ini Dia 9 Tips Bangun Rumah Dengan Dana Terbatas

Sep 16, 2020 | Artikel | 0 Komentar

MAKASSAR – Memiliki dana terbatas tapi memimpikan membangun rumah? Kini bukan impian lagi BROsowa..Kamu bisa ikuti 9 tips membangun rumah berikut ini.

  1. Memilih lahan yang kecil

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah lahan. Pastikan untuk memilih lahan dengan luas yang relatif kecil untuk memangkas budget. Lahan yang kecil akan mengharuskan kamu membuat rumah yang relatif kecil pula. Dengan begitu, selain biaya pajak yang kamu keluarkan akan lebih murah, biaya membangun rumah pun tidak akan membengkak.

2. Mengusung konsep minimalis

Untuk menghemat dana, hal yang kamu harus pastikan juga adalah memiih desain rumah yang fungsional dan simpel. Rumah minimalis adalah pilihan terbaik yang bisa kamu coba. Rumah dengan tema ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Mengusung keserhanaan baik dalam bentuk dan fungsi;
  • Mengusung interior open plan; serta
  • Detail dekorasinya sederhana.

Dengan kata lain, semakin sedikit detail yang coba ditunjukkan, semakin hemat juga biaya serta waktu yang dibutuhkan.

Membangun rumah memakai Bosowa Semen di sekitar perbatasan Toraja – Enrekang.

3. Selektif mencari tukang bangunan.

Menggunakan jasa kontraktor adalah hal yang harus dihindari jika kamu membangun rumah dengan dana minim. Alternatif lainnya tentu saja dengan menggunakan jasa tukang bangunan. Namun, kamu juga harus memilah dengan baik tukang bangunan seperti apa yang akan kamu pakai. Pastikan untuk mencari tukang yang memiliki reputasi yang baik. Semakin bagus tukang yang kamu pilih, semakin efisien juga waktu yang dibutuhkan untuk bangun rumah.

4. Menggunakan rangka atap baja ringan

Ada banyak sekali cara untuk mengakali harga material bangunan yang mahal. Salah satunya adalah dengan menggunakan beton cor dan sedikit kayu sebagai konstruksi atap. Namun, cara ini menambah beban bangunan serta pondasi.

Solusi untuk hal ini adalah dengan menggunakan baja ringan. Walaupun biayanya sedikit lebih mahal, bangunan dan pondasi tidak akan terlalu terbebani. Cara pemasangannya yang praktis juga akan menghemat waktu yang berarti biaya pekerja bangunan pun akan berkurang. Selain itu, atap baja ringan bisa membantu kamu berhemat dalam biaya perawatan rumah di masa depan karena rangka atap yang satu ini tahan lama.

5. Lakukan survey material

Membangun rumah idaman yang ramah kantong membutuhkan strategi yang dipikirkan matang-matang. Salah satu strategi yang harus coba adalah melakukan survei material. Cobalah untuk membandingkan harga material dari satu toko ke toko yang lain. Selain itu, kamu juga bisa saja menggunakan bahan bangunan lokal yang lebih murah dari pada bahan bangunan produksi luar negeri.

Material bangunan di toko bangunan.

6. Bangun rumah secara bertahap

Menabung untuk rumah akan memerlukan waktu yang sangat lama. Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk mengakali ini adalah dengan membangun secara bertahap. Mulailah dengan membuat fondasi dan lanjutkan dengan proses pembangunan yang lain sesuai dengan dana yang ada.

Membuat rumah dengan cara seperti ini memang akan memakan waktu yang sangat lama. Namun, cara ini akan memberikan kamu banyak waktu juga untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan.

7. Membiarkan dinding tanpa finishing

Jika ternyata dana kamu sudah menipis padahal rumah belum juga selesai, inilah tips yang bisa kamu coba. Dengan membiarkan dinding interior, atau malah eksterior, tanpa finishing (didempul dan dicat), kamu akan menghemat banyak sekali uang. Dinding dengan semen polos yang dihaluskan bukanlah gaya asal-asalan, melainkan gaya industrial yang sedang menjadi tren.

8. Memilih shower/bathtub

Jika kamu hitung-hitung, ternyata kamar mandi menyerap anggaran pembangunan yang tidak sedikit. Pasalnya, untuk membangun kamar mandi yang nyaman, kamu harus mempersiapkan banyak hal seperti lapisan anti air, keran otomatis, furnitur kamar mandi, dan masih banyak lagi.

Untuk menghemat, setidaknya kamu bisa memotong anggaran dengan cara memilih antara memasang salah satu dari shower dan bathtub. Meskipun ini adalah pilihan yang sulit, namun cara ini terbukti bisa menghemat anggaran dengan signifikan.

9. Memakai bahan bangunan lokal

Membangun rumah yang berkualitas tidaklah harus mahal atau memakai bahan-bahan yang diproduksi dari luar negeri. BROsowa bisa menghemat biaya dengan cara menggunakan bahan bangunan lokal seperti bambu, kayu, dan masih banyak lagi. Selain murah, bahan-bahan tersebut mudah sekali ditemukan.

Berita Terakhir

Distributor Bosowa Semen Kini Bisa Pesan Semen via Online

Distributor Bosowa Semen Kini Bisa Pesan Semen via Online

MAROS – Kabar gembira untuk distributor Bosowa Semen, khususnya area Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Kini manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) akan menerapkan sistem online dalam pengambilan semen di pabrik Bosowa, di desa Baruga kecamatan Bantimurung,...

Klinker Bosowa Ekspor ke Philipina, China dan Bangladesh

Klinker Bosowa Ekspor ke Philipina, China dan Bangladesh

MAROS – Klinker adalah semen setengah jadi yang materialnya berbentuk gumpalan atau benjolan. Dengan ukuran sekitar 3-25 milimeter dengan diameter dan berwarna abu abu gelap. Klinker terbentuk dari hasil campuran komponen mineral batu kapur dan aluminosilikat. Seperti...

Bosowa Semen-KKLR Bangun Huntara untuk Korban Banjir Masamba

Bosowa Semen-KKLR Bangun Huntara untuk Korban Banjir Masamba

MAROS - Manajemen PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) bekerjasama dengan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) melalui Luwu Raya Peduli (LPR) membangun hunian sementara (huntara) untuk kurang lebih 1.000 KK korban banjir bandang Masamba, Luwu Utara. Sekretaris Luwu...

id_IDIndonesian

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!