Ini Plus Minus Memasang CCTV di Rumah Sebelum Membeli

May 31, 2022 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAKASSAR – Beberapa kompleks dan rumah-rumah saat ini mulai menggunakan CCTV atau kamera keamanan guna meningkatkan keamanan lingkungan serta hunian mereka.  Selain itu, CCTV juga memudahkan penghuni rumah memantau huniannya setiap saat dan dari jauh ketika sedang bepergian atau di luar. 

Akan tetapi, teknologi ini bisa menjadi pedang bermata dua. Tidak hanya menawarkan keuntungan, memiliki CCTV di rumah juga memberi kerugian bagi anggota keluarga. Dilansir dari A1 Security Cameras, Selasa (31/5/2022), berikut keuntungan dan kekurangan memasang CCTV di rumah.

Keuntungan memasang CCTV di rumah :

  • Mencegah tindak kejahatan

CCTV dapat mencegah kerusakan properti sekaligus mengurangi tindak kejahatan seperti mencegah orang tak kenal masuk dan perampokan.  Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, memasang CCTV di rumah perlu dilakukan demi mencegah tindak kejahatan dan mengurangi angka kriminalitas. Sebuah studi dari University of North Carolina di Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa kamera keamanan luar ruangan mengurangi kemungkinan kejahatan properti setidaknya setengahnya.

  • Memantau aktivitas

Saat jauh dari rumah, selalu ada kekhawatiran bahwa akan terjadi sesuatu pada hunian, terlebih bagi para orang tua yang bekerja meninggalkan anak-anak.  Dengan adanya, CCTV di dalam rumah dapat membantu memberikan ketenangan pikiran karena memungkinkan anggota keluarga untuk melakukan pemeriksaan sesering yang diperlukan.

  • Mengumpulkan bukti

Memasang CCTV di tempat yang strategis sangat berguna untuk memantau tindakan dan perkataan orang atau memantau kejadian yang tengah berlangsung.  Apalagi CCTV modern sudah dilengkapi dengan kemampuan menangkap video berkualitas tinggi dan audio. Gambar yang jernih serta suara yang sempurna membuatnya lebih efisien dalam merekam serangkaian kejadian. Tentunya, ini bisa menjadi bukti tambahan yang akurat saat berhadap dengan masalah atau kasus hukum.  

  • Membantu memutuskan sesuatu

Selain menjadi bukti, rekaman CCTV dapat membantu mengambil keputusan tepat dan adil saat menyelesaikan suatu perselisihan seperti konflik domestik yang melibatkan anggota keluarga. CCTV dapat membantu memantau bagaimana situasi terjadi atau mengungkapkan suatu kecelakaan atau peristiwa yang tidak diinginkan. 

Berikut kekurangan memasang CCTV di rumah :

  • Kurang privasi

CCTV bisa membantu menjaga keamanan rumah, tetapi memasang CCTV di dalam rumah bisa membuat penghuni kurang nyaman saat beraktivitas lantaran setiap anggota keluarga bisa memantau pergerakan satu sama lain. Akibatnya, membuat setiap anggota keluarga merasa kurang privasi. Harganya mahal Kekurang CCTV selanjutnya adalah memiliki harga cukup mahal dan saat memasangnya biasanya memerlukan banyak produk agar bisa bekerja efektif. 

  • Mudah rusak

CCTV adalah perangkat elektronik. Jika terlalu sering terkena benturan atau terpapar air, dapat membuat CCTV tidak bekerja efektif, bahkan merusaknya. CCTV luar ruangan memiliki fitur yang membantunya mempertahankan diri dari cuaca standar, tetapi tetap bisa rusak jika angin membawa puing-puing yang mengenai kamera. CCTV juga bisa rusak jika ada sambaran kilat di sekitarnya. (*)

Berita Terakhir

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

MAROS – Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan jika kita mulai membangun usaha, di bidang apapun itu. Namun untuk usaha menjual bahan bangunan, ini beberapa tips yang mesti Anda perhatikan. Lokasi strategis. Lokasi yang strategis disini maksudnya adalah...

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

MAKASSAR – PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) menerima penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu di Makassar. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi Bosowa Semen dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!