Kiat Mendesain Rumah Lebih Hijau dan Efisien

Jun 28, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Ada sejumlah hal yang bisa Anda pertimbangkan ketika ingin membangun rumah. Hal-hal logis berikut ini mampu membantu Anda membuat desain rumah lebih hijau, dan yang pasti lebih efisien.

Pertama, cukup bangun rumah seluas yang Anda butuhkan. Meski memiliki lahan luas, membatasi ukuran rumah sesuai kebutuhan memiliki banyak keuntungan. Selain mampu menghemat biaya pembangunan, Anda akan merasa bahwa rumah berukuran lebih kecil juga lebih mudah dirawat, mudah dalam pengaturan perputaran udara, serta lebih mudah dibersihkan. Rumah juga menjadi lebih sehat dan terasa lebih segar.

Pertimbangkan juga kebutuhan Anda memiliki kamar tidur dan kamar mandi tambahan. Periksa masing-masing ruangan dan bila tidak terlalu diperlukan, hindari menggandakan berbagai barang. Anda tidak perlu menggandakan atau memiliki dua kompor, lemari es, dan sink bila Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Kedua, usahakan hanya berinvestasi pada perlengkapan elektronik dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi. Anda bisa mencari label berlogo SNI (untuk barang-barang buatan Indonesia), atau barang-barang berlabel Energy Star untuk barang-barang impor. Lemari es produksi terbaru akan jauh lebih efisien ketimbang lemari es yang diproduksi 20 tahun lalu. Dengan berinvestasi pada barang-barang hemat energi, pengeluaran bulanan Anda untuk listrik pun lebih murah. Selain itu, rumah Anda juga lebih aman.

Ketiga, selain mencari barang-barang elektronik hemat energi, pastikan juga Anda menggunakan material pembangun rumah yang mampu bertahan selama bertahun-tahun. Berkonsultasilah pada arsitek atau kontraktor Anda. Selalu dahulukan kualitas, meski anggaran Anda terbatas. Pasalnya, material berkualitas buruk hanya akan berpotensi menambah pengeluaran Anda.

Keempat, usahakan membeli material serta furnitur lokal. Ada beberapa pertimbangan penting dalam membeli material lokal. Pertama, jarak pengiriman yang relatif dekat dengan rumah Anda akan memotong banyak biaya. Kedua, barang-barang buatan lokal biasanya mempertimbangkan kebutuhan khusus atau karakteristik daerahnya. (kompas.com)

Berita Terakhir

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

Mau Buka Usaha Bahan Bangunan? Ini Tipsnya

MAROS – Ada beberapa unsur penting yang mesti diperhatikan jika kita mulai membangun usaha, di bidang apapun itu. Namun untuk usaha menjual bahan bangunan, ini beberapa tips yang mesti Anda perhatikan. Lokasi strategis. Lokasi yang strategis disini maksudnya adalah...

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

Bosowa Semen Raih Kinerja K3 Terbaik 2022

MAKASSAR – PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) menerima penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu di Makassar. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi Bosowa Semen dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!