Mengenal Gabion dan Manfaatnya untuk Rumah

Aug 26, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Gabion atau yang lebih dikenal dengan sebutan bronjong sudah lama digunakan untuk melindungi tebing dari longsor dan erosi. Kini, gabion juga digunakan sebagai dekorasi rumah karena dindingnya sangat fleksibel dan mudah dirawat. 

Dinding gabion cocok digunakan pada rumah bergaya industrialis dan minimalis. Selain mudah dirawat, kamu juga bisa menyesuaikan jenis batu dan warna dinding gabion.

Melansir dari berbagai sumber, sebelum memasang instalasi gabion, sebaiknya mengenal lebih jauh gabion dan penggunaannya untuk mempercantik tampilan rumah.

Apa itu batu gabion? Gabion adalah anyaman rangka kawat atau besi yang berisi batu-batu alam seperti batu sungai, batu limestone putih, dan batu gunung. Gabion biasanya digunakan pada proyek konstruksi, tepi sungai, dan pegunungan yang diisi dengan tanah, batu, atau pasir. Namun, saat ini, instalasi batu gabion juga digunakan pada desain rumah. Kamu bisa menggunakan gabion sebagai pilar, kolam, maupun dinding.

Jika diaplikasikan pada rumah, instalasi batu gabion akan menimbulkan kesan hunian yang alami dan unik. Ada berbagai macam penggunaan batu gabion untuk menambah estetika hunian di antaranya;

  • Sebagai pagar rumah

Untuk tampilan pagar yang unik dan alami, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan pagar gabion.  Agar pagar batu tidak terlihat monoton dan modern, sebaiknya dikombinasikan dengan material kayu atau batu bata.  Karena bentuknya yang berongga dengan kawat besi, kamu bisa mempercantik pagar dengan tanaman gantung yang bisa digantung pada besi gabion.

  • Sebagai dinding pembatas

Aksen batu pada dinding gabion dapat menambah estetika hunian dengan sentuhan alami. Kamu bisa menggunakan dinding gabion sebagai pembatas di dalam rumah dan halaman belakang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dinding dengan aksen batu ini sebagai partisi antarruang untuk menciptakan ruangan dengan kesan industrialis.

  • Pot tanaman

Selain dinding dan pagar, kamu juga bisa menggunakan instalasi gabion sebagai pot tanaman. Aksen batu menjadi daya tarik pot gabion. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis batu dan warna yang akan digunakan. Untuk pot tanaman, kamu bisa menggunakan batu kali dengan bentuk bulat telur atau batu limestone dengan warna yang cerah.

  • Hiasan taman

Penggunaannya gabion pada taman cukup beragam. Kamu bisa membuatnya sebagai kursi taman, tempat api unggun, atau meja taman. Agar gabion terlihat lebih menarik dan berfungsi maksimal, kombinasikan gabion dengan ornamen kayu untuk meja serta kursi agar lebih nyaman saat duduk. (kompas.com)

Berita Terakhir

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

MAROS - Politisi senior DPR RI, Ir H M Ridwan Hisjam mengatakan Bosowa sangat canggih dalam hal mengatasi krisis. Sebab pabrik Bosowa Semen lahir saat masa krisis moneter, sehingga krisis bukan hal yang tak bisa ditangani. Hal tersebut ia kemukakan disela Kunjungan...

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

MAROS – Anggota Komisi VII DPR RI berkunjung ke pabrik PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) di desa Baruga kecamatan Bantimurung, Maros, Kamis (23/9/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI masa sidang 1 tahun 2021-2022. Kunker...

Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

MAROS - Karpet adalah pelapis lantai terbaik, lantaran dapat memberi kenyamanan dan kehangatan pada ruangan. Selain itu, karpet juga mudah dilepas, dibersihkan, serta diganti saat Anda merasa bosan atau ingin mendekorasi ulang ruangan.  Namun, meletakkan karpet pada...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!