Mulai 1 Maret, Wajib APD Berlaku di Pabrik Bosowa Semen

Mar 1, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Mulai 1 Maret 2021, seluruh karyawan dan stakeholder di lingkup pabrik Bosowa Semen diwajibkan berpakaian rapi dan menggunakan alat pelindung diri (pada area tertentu). Hal ini sesuai dengan edaran Direktur Manufacturing dan berdasarkan Undang Undang No 1 tahun 1970 tentang kewajiban pengurus untuk menyediakan alat pelindung diri di area kerja, dan menjadi kewajiban pekerja untuk memakai alat pelindung diri yang diharuskan.  

Sosialisasi wajib APD bagi karyawan.

Hal ini juga sesuai komitmen Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) serta terwujudnya zero accident.

Jika tak dilakukan, berlaku kartu tilang dan pemberhentian pekerjaan sementara untuk karyawan. Sedangkan bagi sopir pengangkut semen, tidak diperbolehkan memasuki area pabrik, sanksi bukti tertulis dan sanksi kartu tilang. Jika aturan ini dilanggar berturut turut sebanyak tiga kali dengan sopir yang sama maka akan di blacklist.

Safety Comdev and Environment Division Head Bosowa Semen, Nur Alang mengatakan aturan ini juga demi keselamatan semua pihak. Sebab, kata dia, didalam bekerja tentunya mengedepankan keselamatan. Maka dengan aturan ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Pihaknya juga tegas pada distributor yang datang mengambil semen ke area pabrik. Ia juga telah mensosialisasikan hal tersebut dengan sejumlah distributor semen se-Sulsel melalui zoom meeting akan aturan baru tersebut.

“Tidak boleh lagi ada yang pakai sendal masuk ke area pabrik, namun memakai APD. Wajib pakai helm, masker, sepatu dan bahkan harus pakai baju, karena banyak juga sopir yang tidak pakai baju masuk ke area pabrik,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menyediakan rest area di seputaran weight brigde (WB), untuk sopir beristirahat jika terjadi antrian. (*)

Berita Terakhir

Proyek Infrastruktur dan Klinker Jadi Jualan Bosowa di 2021

Proyek Infrastruktur dan Klinker Jadi Jualan Bosowa di 2021

MAKASSAR – Memasuki Maret 2021, sejumlah program kerja dan rencana penjualan PT Semen Bosowa Maros memiliki titik terang. Meski badai Covid-19 belum berakhir, namun beberapa proyek besar telah menanti untuk dieksekusi. Hal ini diutarakan Commercial Director Bosowa...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!