Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

Sep 10, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Karpet adalah pelapis lantai terbaik, lantaran dapat memberi kenyamanan dan kehangatan pada ruangan. Selain itu, karpet juga mudah dilepas, dibersihkan, serta diganti saat Anda merasa bosan atau ingin mendekorasi ulang ruangan. 

Namun, meletakkan karpet pada ruangan tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan penting yang harus diingat dan diperhatikan. Nah, melansir dari The Spruce, berikut ini aturan mendekorasi ruangan dengan karpet. 

  • Letakkan di bawah furnitur

Saat mendekorasi ruangan dengan karpet, pastikan karpet memanjang di bawah semua furnitur utama di dalam ruangan. Di ruang tamu, misalnya, semua perabotan atau furnitur harus berada di atas karpet. Jika tidak memungkinkan, pastikan kaki depan furnitur menginjak atau berada di atas karpet. Di ruang makan, permadani harus cukup besar untuk kursi dan meja. Aturan yang baik untuk diikuti adalah kursi harus berada di atas karpet, bahkan saat ditarik dari meja. 

  • Jangan berhemat pada ukuran

Kesalahan pertama yang dilakukan orang saat mendekorasi ruangan dengan karpet adalah mendapatkan karpet yang ukurannya terlalu kecil. Hal ini dapat dimengerti karena karpet besar memiliki harga yang lebih mahal. Namun, karpet yang besar membut ruangan terlihat lebih elegan. 

  • Jangan terlalu kecil di kamar tidur

Apa gunanya karpet di kamar tidur jika tidak melampaui tempat tidur? Anda akan menginjak lantai yang dingin dan keras pada pagi hari, bukan karpet lembut. Pastikan mendapatkan pengukuran tepat sebelum membeli karpet. Idealnya, permadani harus cukup besar untuk melampaui sisi tempat tidur setidaknya 30 sentimeter inci untuk tempat tidur kembar atau ganda dan 45 sentimeter untuk tipe kasur king dan queen. 

  • Jangan tinggalkan ruang yang sama 

Idealnya, Anda harus meninggalkan jumlah ruang lantai yang sama di semua sisi karpet. Beri ruang sekitar 20-60 sentimeter di semua sisi. Sisi 45 sentimeter adalah ruang yang paling umum, tetapi di ruang yang lebih kecil, Anda bisa menerapkan 20 sentimeter. Tujuan utamanya adalah agar karpet berada di tengah ruangan. 

  • Jangan takut warna dan corak

Karpet adalah cara bagus untuk menyuntikkan keceriaan dan kesenangan ke dalam ruangan. Jadi, pilih karpet yang memiliki warna dan pola.  Ada banyak pilihan karpet murah yang tersedia, jadi jika Anda memutuskan tidak menyukainya setelah beberapa tahun, mudah untuk mengubahnya.

  • Jangan tempatkan karpet dalam bahaya

Meski tergoda untuk menempatkan permadani terbaik di titik fokus rumah seperti ruang makan, sebaiknya pikirkan hal ini dua kali. Hindari menempatkan karpet mahal atau terbaik Anda di area yang rentan mengalami tumpahan dan kecelakaan.(*)

Berita Terakhir

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

MAROS - Politisi senior DPR RI, Ir H M Ridwan Hisjam mengatakan Bosowa sangat canggih dalam hal mengatasi krisis. Sebab pabrik Bosowa Semen lahir saat masa krisis moneter, sehingga krisis bukan hal yang tak bisa ditangani. Hal tersebut ia kemukakan disela Kunjungan...

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

MAROS – Anggota Komisi VII DPR RI berkunjung ke pabrik PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) di desa Baruga kecamatan Bantimurung, Maros, Kamis (23/9/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI masa sidang 1 tahun 2021-2022. Kunker...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!