Semen Setengah Jadi Juga Diproduksi Bosowa, Bagaimana Wujudnya?

Mar 24, 2021 | Artikel, Marcom Activity | 0 comments

MAROS – Selain semen, PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) juga memproduksi klinker. Klinker adalah semen setengah jadi yang materialnya berbentuk gumpalan/benjolan berwarna abu abu gelap. Untuk tahun 2021, Bosowa menargetkan menjual klinker sebesar 1,1 juta ton.

Semen setengah jadi atau Klinker.

Menurut Expor Sales Dept Head Bosowa Semen, Salahuddin Kasim konsentrasi klinker saat ini masih mengandalkan jalur ekspor di negara tujuan seperti Bangladesh, Philipina dan China.

“Penjualan klinker untuk ekspor cukup meningkat tahun ini, beberapa buyer bahkan sudah konfirm untuk keep klinker hingga Desember 2021,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Proses pengangkutan klinker di gudang

Ia menambahkan, tingginya permintaan membuat harga klinker juga mulai naik dibandingkan akhir 2020. Namun di triwulan pertama, pihaknya maupun buyer cukup kesulitan mendapatkan ocean freight yang kompetitif.

Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan kapal terkait bantuan dan pendistribusian vaksin ke beberapa negara.

Namun target penjualan kliner tersebut masih melayani pembelian lokal dan ekspor. Untuk ekspor negara yang melakukan pembelian di antaranya Philipina, Bangladesh dan China. Sedangkan level nasional ada beberapa perusahaan semen lain yang join dengan Bosowa.

Ekspor klinker ke Bangladesh

Ia menambahkan jika pihaknya optimis klinker dapat terjual sesuai dengan target baru di tahun ini. Sebab pasar klinker sangat menjanjikan, baik di dalam maupun luar negeri. Klinker Bosowa Semen sendiri dapat dipesan di nomor 0811-9790-3434 .

Pabrik yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, ini merupakan pabrik utama Bosowa Semen yang terintegrasi dan berada di lokasi tempat penambangan batu kapur yang merupakan bahan baku utama pembuatan semen.

Sehingga memudahkan pengambilan bahan baku. Pabrik Maros juga memproduksi klinker sendiri dengan kapasitas 4 juta ton per tahun dan semen dengan kapasitas produksi 4.2 juta ton per tahun. Sedangkan Pabrik di Banyuwangi ditujukan bagi konsumen di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara dengan kapasitas produksi semen 1.8 juta ton per tahun. (*)

Berita Terakhir

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

MAROS - Politisi senior DPR RI, Ir H M Ridwan Hisjam mengatakan Bosowa sangat canggih dalam hal mengatasi krisis. Sebab pabrik Bosowa Semen lahir saat masa krisis moneter, sehingga krisis bukan hal yang tak bisa ditangani. Hal tersebut ia kemukakan disela Kunjungan...

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

Dewan Komisi VII DPR RI Berkunjung ke Bosowa Semen

MAROS – Anggota Komisi VII DPR RI berkunjung ke pabrik PT Semen Bosowa Maros (Bosowa Semen) di desa Baruga kecamatan Bantimurung, Maros, Kamis (23/9/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR RI masa sidang 1 tahun 2021-2022. Kunker...

Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

Pasang Karpet di Ruangan? Ini Aturannya

MAROS - Karpet adalah pelapis lantai terbaik, lantaran dapat memberi kenyamanan dan kehangatan pada ruangan. Selain itu, karpet juga mudah dilepas, dibersihkan, serta diganti saat Anda merasa bosan atau ingin mendekorasi ulang ruangan.  Namun, meletakkan karpet pada...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!