Tahukah Anda Rumah Hadap Timur Dijual Lebih Mahal? Ini Sebabnya

Oct 13, 2021 | Artikel, Budaya dan Lingkungan | 0 comments

MAROS – Bagi sebagian orang, arah hadap menjadi sesuatu hal yang penting dipertimbangkan dalam membeli rumah. Seperti rumah hadap timur, menjadi incaran banyak orang. Mereka percaya Feng Shui yang mengatakan bahwa rumah hadap timur dapat memberikan banyak manfaat dan keberuntungan, utamanya dalam hal kesehatan.

Karenanya, di pasaran rumah hadap timur biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan rumah arah lainnya. Namun seperti apa kelebihan rumah hadap timur?

Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya melalui Kompas.com, mengatakan salah satu kelebihan rumah menghadap timur yaitu memperoleh paparan cahaya matahari pada pagi hari. Dengan cahaya alami tersebut tentu dapat memberi dampak positif terutama bagi kesehatan penghuni rumah.

“Jadi ada alasan logisnya mengapa rumah hadap timur itu bagus dan diincar banyak orang. Salah satunya karena mendapatkan paparan cahaya matahari pagi lebih banyak dibanding arah yang lain,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan rumah hadap timur juga dapat menghindari paparan cahaya terik matahari pada waktu siang. Berbeda dengan rumah hadap barat yang justru akan terpapar cahaya panas matahari pada siang hingga sore hari.

“Sehingga biasanya rumah hadap barat ini memiliki penutup untuk menghindari panas matahari masuk ke dalam ruangan,” jelasnya.

Dengan adanya paparan cahaya matahari pagi yang cukup, maka tanaman yang terdapat di teras rumah hadap timur biasanya akan tumbuh lebih subur dan sehat.

Secara estetika, tumbuhan yang terpapar cahaya matahari pagi tersebut akan jauh lebih indah. Selain itu, dengan menghadap timur, cat rumah bagian depan juga akan cenderung lebih awet. Meski demikian, Bambang mengatakan, arah hadap rumah tidak menjadi satu-satunya faktor penentu tingginya harga jual rumah. Melainkan banyak faktor lainnya seperti lebar jalan di depannya, letak dan posisi rumah, dan seperti apa akses di sekitarnya.

“Banyak faktor lainnya seperti lebar jalan di depannya, makin lebar makin mahal, lalu bentuk tanah kalau trapesium, apalagi segitiga pasti lebih murah,” ucap dia.

Bambang mengaku Feng Shui mengenai arah hadap rumah biasanya banyak dipercaya oleh keturunan Tionghoa. Dalam ilmu Feng Shui arah hadap rumah juga sering dikaitkan dengan waktu dan hari kelahiran seseorang.

“Feng Shui khususnya dipercaya oleh keturunan Tionghoa. Bahkan, tanggal kelahiran juga berpengaruh sama posisi hadap rumah yang cocok. Termasuk bukaan dan posisi ruang dalam bangunan, hingga furnitur pun sering diatur oleh Feng Shui,” pungkasnya.

Berita Terakhir

Komisi VII : Kita Harus Dukung Produk Anak Negeri

Komisi VII : Kita Harus Dukung Produk Anak Negeri

MAROS – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, H Eddy Soeparno, SH, MH menekankan jika Pemerintah harus mendukung penuh industri semen dalam negeri. Sebab industri tersebut akan menjadi pendorong perekonomian kedepannya, pasca tingginya angka Covid 19. Hal ini juga didasari...

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

Ridwan Hisjam: Bosowa Canggih Mengatasi Krisis

MAROS - Politisi senior DPR RI, Ir H M Ridwan Hisjam mengatakan Bosowa sangat canggih dalam hal mengatasi krisis. Sebab pabrik Bosowa Semen lahir saat masa krisis moneter, sehingga krisis bukan hal yang tak bisa ditangani. Hal tersebut ia kemukakan disela Kunjungan...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!