Toko Sinar Kanang: ‘Penguasa’ Bosowa di Tanah Mandar

Feb 8, 2021 | Artikel, Marcom Activity | 0 comments

MAROS – Muhammad Rais (54), pemilik Toko Sinar Kanang di Polewali Mandar (Polman). Ia menjadi ‘penguasa’ yang menyuplai Bosowa Semen di Tanah Mandar. Ayah empat anak ini tak kuasa membendung haru saat bercerita awal mula merintis toko bangunannya, hingga sukses memasarkan Bosowa Semen di sejumlah toko di Polman.

Suami Hj Sani ini mengaku solid kepada Bosowa Semen sejak 2011, sehingga sudah lebih satu dekade ‘mewakafkan’ dirinya untuk Bosowa. Pria kelahiran 30 Desember 1966 ini awalnya memasarkan Bosowa dengan 100 zak, namun diakuinya rezekinya mengalir cepat sehingga berkembang dengan menyuplai satu mobil dalam kurun waktu lima bulan.

Jalan setahun, ia sudah bisa menjual Bosowa sebanyak tujuh mobil setiap bulannya. Di 2014, rezekinya berlebih maka memberanikan diri menjual mobil pribadi dan langsung membeli truk sepuluh roda untuk mengangkut semen. Di tahun yang sama, ia pun bergabung dibawah naungan distributor PT UKA.

Muhammad Rais (kiri), pemilik toko Sinar Kanang

Di 2015, ia mengaku pasaran Bosowa Semen makin bagus, sebab demand tinggi. Ia pun mulai melayani pengambilan semen di toko toko seperti Pinrang dan Polman. Di akhir 2015, ia menambah armada sepuluh roda lagi menjadi tiga unit.

“Saya bayar cash armada saya, karena untuk apa cicil kalau bisa cash,” ujarnya.

Di 2019, armadanya bertambah menjadi empat unit. Setiap bulannya kurang lebih 60 mobil isi semen habis terjual. Hitungan per mobil dapat memuat 850 zak, sehingga kalau 60 mobil, pria berkacamata ini dapat menjual 2 ribu ton per bulan.

Di awal 2021, tim marketing Bosowa Semen sempat mengunjungi toko milik Rais di jalan poros Polman. Ia menjamu tim dengan sekarung buah duren yang masih segar. Sembari memperlihatkan dua unit gudang miliknya. Satu gudang berisi Bosowa Semen, yang bisa memuat 60 ribu zak.

Gudang milik Muh Rais yang memuat 60 ribu zak Bosowa Semen

“Saya berharap Bosowa selalu eksis menembus pasaran, karena harga Bosowa sangat menyatu dengan masyarakat. Tidak terlalu mahal tapi juga tidak murahan, itulah Bosowa. Pokoknya saya bangga menjual Bosowa Semen sejak saya memutuskan untuk menjualnya di toko saya,” ujarnya. (*)

Berita Terakhir

Pemuda Ring 1 Ramaikan Musim KSD

Pemuda Ring 1 Ramaikan Musim KSD

MAROS – Secara berkala, manajemen PT Semen Bosowa Maros melalui HR Departemen mempekerjakan pemuda di ring 1 pabrik Bosowa, yang bermukim di dua desa, desa Baruga dan Tukamasea kecamatan Bantimurung. Jenis pekerjaan mereka melalui seleksi dan kontrak tertentu. Dalam...

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!